Kamis, 15 April 2010

Pulau Pramuka.. Amazing..Wondering...

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini merupakan pusat administrasi dan pemerintahan Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka termasuk ke dalam Kelurahan Pulau Panggang.

Di pulau ini terdapat sarana pelestarian penyu sisik yang saat ini jumlahnya sudah sedikit sehingga dilindungi. Masyarakat yang mendiami Pulau Pramuka sebagian besar berasal dari Bugis, Tangerang dan Jakarta. Tata tempat tinggal dan sanitasi Pulau Pramuka cukup baik, sedangkan dalam bidang pendidikan sudah terdapat sekolah dari SD hingga SMA. Sarana pra sarana cukup memadai mulai dari masjid, rumah sakit, sekolah, dermaga, TPI (Tempat Pelelangan Ikan), villa dan penginapan bagi pengunjung wisata.

Tapi sayangnya rumah sakit dan TPI masih belum beroperasi sampai saat ini. Apabila ingin melakukan perjalanan ke pulau lainnya di Kepulauan Seribu tinggal menyewa ojek perahu, anda langsung diantar ke Pulau Panggang, Pulau Karya, Pulau Semak Daun dan lainnya.

( wikipedia)

Pulau Pramuka memang sudah terlalu jauh dari Jakarta. Dengan menggunakan kapal penyebrangan dari Muara Angke dapat ditempuh dengan waktu antara tiga sampai empat jam lamanya. Pulau yang berada di gugusan taman nasional laut Kepulauan Seribu memiliki banyak fanorama yang menarik. Lautnya yang biru serta berdekatan dengan Taman laut memungkinkan para penggemar selam maupun snokling menjadikan Pulau Pramuka sebagai tempat singgah yang ideal.

Pulau Pramuka memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Sebagai pusat pemerintahan Kepulauan Seribu, wajar saja kalau pulau ini memiliki berbagai fasilitas dari sekolah, gedung pemerintahan, masjid maupun penginapan yang cukup terjangkau karena tidak terlalu mahal.

Pulau Pramuka juga memiliki pusat informasi taman laut, dimana tersimpan berbagai foto maupun hewan-hewan laut yang sudah diawetkan. Ini tentunya sangat membantu mendapatkan informasi tentang apa saja isi taman nasional laut dengan kekayaan alamnya. Bersebelahan dengan pusat informasi terdapat penangkaran penyu sisik. Telur yang berasal dari Pulau Peteluran ditetaskan secara alamiah di sini. Hasilnya, penyu-penyu kecil siap untuk diarungkan ke laut.

Pulau Pramuka juga merupakan pulau berpenduduk dimana sebagian besar dihuni oleh nelayan. Kekayaan alami dengan limpahan ikan-ikan lautnya membuat penduduk pulau ini terlihat sejahterah. Jarang ditemui bangunan rumah yang buruk di pulau ini. Sebagian besar rumahnya sangat memadai.

(kepulauanseribu.multiply.com)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar